Berita :

Satu Lagi Lumbung Pangan Diresmikan Bassam, Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Gonone
agustahar | Ekonomi Pembangunan | 31/01/2024
Share :  
...
Bupati Halsel berikan bantuan pangan secara simbolis di desa gonone gane barat selatan

HALSEL, Jp | Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan melalui Dinas Pertanian Halsel kembali memberikan bantuan bangunan Lumbung Pangan, yang telah diprogramkan untuk 15 desa, sesuai dengan hasil pemetaan di 249 desa se-Kabupaten Halmahera Selatan. Sekaligus pemberian bantuan 5 (lima) ton beras dan dua setengah ton sagu tumang.

Desa Gonone Kecamatan Gane Barat Selatan, yang termasuk di 15 desa penerima bantuan lumbung pangan tersebut kini telah diresmikan secara simbolis oleh pemerintah daerah dengan pengguntingan pita secara langsung oleh Bupati Bassam Kasuba. Pada (30/01/2024) kemarin.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten, Ibu Rifa’at Al Sa’adah, Sekertaris Dinas Pertanian Hi. Suratmi Al Jogja dan Kepala OPD lainnya, dan juga Camat serta Kepala-kepala Desa se-Kecamatan Gane Barat Selatan.

Sekretaris Dinas Pertanian Halsel, Hi. Suratmi Al Jogja dalam sambutannya menyampaikan jika, dengan situasi global saat ini, dengan terjadinya cuaca ekstrim, terdapat beberapa dampak yang muncul, salah satunya dampak terjadinya kekurangan bahan pangan di dunia, termasuk wilayah kita di Indonesia.

“Kita di Indonesia rata-rata makanan pokoknya adalah beras, maka keberadaan lumbung pangan ini sangat berguna. Jumlah hasil panen pun akan sangat berpengaruh dikala cuaca ekstrim, “kata Suratmi

Dikatakannya jika kondisi cuaca sangat berpengaruh terhadap perkembangan pasokan bahan pangan yang kemudian dihasilkan oleh petani, hal inilah yang mendorong Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, melalui Dinas Pertanian melakukan survei pemetaan di 249 Desa dan terdeteksi 15 Desa dengan kerawanan pangan yang tinggi. Sehingga terlaksananya pembangunan lumbung pangan di beberapa desa salah satunya lumbung pangan Desa Gonone.

Sementara di waktu yang sama Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba juga menyampaikan, “Selaku Pemerintah Kabupaten akan terus mendorong program lumbung pangan sebagaimana tercantum dalam salah satu visi misi kami untuk memastikan ketersedian pangan yang menjadi salah satu kebutuhan terpenting bagi masyarakat, ”ujar Bupati.

Orang nomor satu di Halsel itu berharap. Bangunan lumbung pangan tersebut dapat dipergunakan sebaik dan sesuai fungsinya.

“Saya secara pribadi merasa sangat bahagia karena bisa hadir di tengah-tengah keluarga sekalian yang ada di Desa Gonone, Gonone adalah Desa yang Istimewa bagi kami. Mudah-mudahan dengan kehadiran lumbung pangan dan bahan pangan yang disediakan ini dapat dimanfaatkan, dikelola sebaik mungkin, serta diberikan kepada penerima yang tepat, “harap Bupati. (Tim&Red)

By : Jelajah Post

https://jelajahpost.com/satu-lagi-lumbung-pangan-diresmikan-bassam-tingkatkan-kesejahteraan-masyarakat-desa-gonone/

at : AK

Share :